Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

ASEAN Cup Resmi Jadi Transformasi Nama Baru untuk Piala AFF

BOLATRENDY.COM – Baru – baru ini Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara atau yang akrab disebut sebagai AFF mengumumkan transformasi nama baru untuk Piala AFF. Kompetisi bergengsi se Asia Tenggara tersebut bakal berganti nama menjadi Asean Cup yang akan dilaksanakan tahun 2024 ini.

Terkait perubahan tersebut telah disampaikan oleh pihak AFF pada hari ini (29/02/24) melalui laman resmi mereka. Mereka menghadirkan identitas baru untuk gelaran kompetisi antar negara Asean.

“AFF meluncurkan identitas dan brand baru untuk gelaran ASEAN Cup 2024,” keterangan di laman resmi AFF.

Bukan hanya soal nama baru saja, pihak AFF juga turut meluncurkan logo baru sebagai identitas dan semangat baru. Hal itu selaras dengan harapan Presiden Aff, Mayjen Khiev Sameth. Dirinya berharap ini bukan hanya sekedar pergantian identitas, tetapi juga dapat memunculkan semangat baru bagi para peserta.

“Logo baru tersebut diharapkan dapat mewujudkan solidaritas dan semangat pantang menyerah pada sepak bola  di Asia Tenggara,” jelasnya.

ASEAN Cup Resmi Jadi Transformasi Nama Baru untuk Piala AFF

Perjalanan Panjang dari Piala Tiger ke ASEAN Cup

Kompetisi antar negara – negara di Asia Tenggara ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Untuk pertama kalinya kompetisi ini berjalan dengan nama ASEAN Football Championship atau yang akrab disebut sebagai Piala Tiger.

Pemberian nama Piala Tiger didasarkan pada sponsor utama dari kompetisi yang berlangsung di tahun 1996 itu, yakni Tiger Beer. Penggunaan nama Piala Tiger atau Tiger Cup dilakukan sampai gelaran kompetisi edisi kelima tahun 2004 berakhir.

Tiga edisi pertama Piala Tiger dilaksanakan di Singapura mulai dari babak eliminasi grup sampai partai final. Kemudian pada edisi keempat dan kelima tidak terpusat di Singapura lagi dan mengadopsi sistem Piala Dunia.

  Daftar Final Pemain Timnas Indonesia untuk Hadapi Vietnam, Sisa 26 Nama!

Memasuki edisi keenam tahun 2007, nama Piala Tiger resmi diubah menjadi Piala AFF. Hal ini bersamaan dengan pergantian sponsor utama kompetisi dari Tiger Beer ke Suzuki.

Penggunaan nama Piala AFF bertahan cukup lama yakni sampai edisi ke 13 tahun 2020. Meskipun di tahun 2022 Suzuki digantikan oleh Mitsubishi sebagai sponsor utama.

Hingga pada edisi ke 15 kali ini, federasi AFF memutuskan untuk mengubah nama kompetisi menjadi ASEAN Cup.

Gelaran Kompetisi Asia Tenggara 2024

Dari informasi yang didapatkan, kompetisi tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 23 November – 21 Desember 2024 mendatang. 

Sebelum itu berlangsung, pihak AFF akan melakukan drawing untuk menentukan grup dari setiap negara yang berpartisipasi. Adapun negara yang akan berpartisipasi berjumlah 10 negara yang nantinya akan dikelompokkan ke dalam dua grup.

Drawing ASEAN Cup 2024 akan digelar di Hanoi, Vietnam pada tanggal 24 Maret 2024 mendatang.

Sebagian besar negara yang berpartisipasi di gelaran piala AFF, ini menjadi kesempatan emas untuk menunjukkan kualitas sepak bola di Asia Tenggara.

Begitu juga dengan Indonesia yang sampai edisi keempat belas ini belum pernah menyabet gelar juara Piala AFF. Prestasi tertinggi Indonesia di kancah Piala AFF adalah sebagai runner up.

Indonesia menjadi negara dengan gelar runner up terbanyak. Itulah yang membuatnya dijuluk sebagai spesialis runner up.

Dalam 14 edisi sebelumnya, hanya ada 4 negara yang mempunyai gelar juara Piala AFF yaitu Vietnam, Malaysia, Thailand, dan Singapura. Gelar terbanyak masih dipegang oleh Negara Gajah Putih, Thailand.

Tentu saja semua pendukung tanah air berharap Timnas mampu membawa pulang gelar juara ASEAN Cup 2024 ke Indonesia. 

Setelah berhasil menuai prestasi dengan lolos ke putaran 16 besar Piala Asia 2023, harapan besar masyarakat terhadap Timnas Indonesia adalah dapat menjadi juara di ajang sepak bola Asia Tenggara.

  Analisis Kekuatan dan Kelemahan Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *