Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Naturalisasi Indonesia Tuai Sindiran, Ini Tanggapan Beberapa Punggawa Timnas

BOLATRENDY.COM – Menjelang laga antara Indonesia vs Vietnam pada tanggal 21 Maret 2024 nanti, situasi semakin memanas. Banyak pihak yang menanggapi berbagai polemik soal Naturalisasi Indonesia. Terutama Timnas yang akan menjadi lawan main skuad garuda.

Pertandingan tersebut merupakan lanjutan dari babak kualifikasi putaran kedua Piala Dunia 2026 Zona Asia. Keduanya masih bersaing untuk memperoleh poin tertinggi di grup F.

Pada hari Kamis besok Indonesia akan menjamu Vietnam di GBK. Mereka akan saling beradu strategi untuk mendapatkan poin maksimal.

Namun duel belum dilaksanakan, banyak pihak yang memberikan sindiran terhadap skuad Garuda, terutama dari pihak lawan. Pasalnya saat ini Timnas asuhan Shin Tae-yong dipenuhi oleh para pemain keturunan.

Mendengar perkataan yang kurang sedap didengar tersebut, sederet punggawa Timnas Indonesia juga memberikan tanggapan. Mereka berusaha menangkis semua sindiran terkait Naturalisasi Indonesia.

Naturalisasi Indonesia Tuai Sindiran, Ini Tanggapan Beberapa Punggawa Timnas

Sindiran dari Kubu Vietnam

Pemain Vietnam, Duy Manh, sempat memberikan sindiran terhadap skuad Timnas Indonesia yang diisi oleh para pemain dari Belanda. Ia mengatakan bahwa yang akan mereka lawan bukanlah Timnas Indonesia. Melainkan Timnas Belanda yang ada di Jakarta.

Dalam ungkapannya, ia mengatakan bahwa sebenarnya Indonesia menjadi salah satu Timnas yang sulit untuk ditaklukkan. Mereka memiliki gaya permainan yang agresif. Terlebih sekarang mereka ketambahan amunisi baru dari naturalisasi. 

Selain itu dirinya juga sempat adu ledekan karena ketidaktahuan para pemain Vietnam akan lawan yang mereka lawan. Apakah Timnas Indonesia atau Belanda.

Benar saja. Dari 28 nama yang sebelumnya terpanggil, ada 11 pemain naturalisasi Indonesia pilihan Shin Tae-yong.

Selain Duy Manh, Bui Hoang Viet Anh juga melontarkan sindiran. Ia mengatakan bahwa kelebihan Timnas Indonesia terletak pada para pemain keturunan Eropa. Namun mereka masih lemah karena jarang bermain.

  Wahyudi Hamisi Tendang Kepala Bruno Moreira, Persebaya Siap Ajukan Gugatan ke PSSI

Di sisi lain ia juga mengungkapkan bahwa Vietnam akan berfokus pada gaya permainan mereka sendiri untuk melawan Indonesia.

Duong Vu Lam, mantan wakil presiden Federasi Sepak Bola Vietnam, juga memberikan komentar pedas terhadap polemik Naturalisasi tersebut.

Ia mengatakan bahwa pemain naturalisasi yang dimiliki Indonesia justru akan memperlemah skuad Timnas. Dirinya merasa Timnas Indonesia tidak sekuat beberapa tahun belakangan.

Melihat polemik yang semakin memanas, para punggawa Timnas Indonesia turut angkat bicara untuk menanggapi hal tersebut.

Tanggapan Punggawa Timnas Terkait Naturalisasi Indonesia

Sederet nama pemain Timnas Indonesia juga turut memberikan tanggapan mengenai sindiran yang diberikan kepada mereka. Termasuk Jay Idzes.

Jay mengatakan bahwa meskipun hanya sebatas ikatan darah, tapi para pemain naturalisasi kini bagian dari skuad Garuda. Ia mengatakan bahwa mereka adalah satu kesatuan yang akan bekerja bersama – sama untuk Timnas Indonesia.

Senada dengan Jay Idzes, Sandy Walsh juga mengutarakan bahwa mereka semua (pemain naturalisasi) adalah orang Indonesia. Mereka bersatu untuk mewakili Indonesia di semua ajang kompetisi sepak bola, termasuk kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam nanti.

Bahkan dirinya juga mengatakan bahwa bisa jadi para pemain Vietnam iri karena naturalisasi Indonesia melahirkan pemain berkualitas Eropa.

Nathan Tjoe-A-On dan Rafael Struick juga menanggapi hal tersebut dengan positif. Adanya sindiran dan berbagai tanggapan atas polemik naturalisasi dapat menciptakan kondisi yang lebih kompetitif.

Hadirnya pemain naturalisasi yang berkualitas juga akan membawa hal bagus bagi Timnas Indonesia. Terutama untuk mewujudkan mimpi mereka yang ingin membawa sepak bola Indonesia ke level dunia.

Saat ini semua pemain Timnas, termasuk naturalisasi Indonesia, ingin lebih fokus untuk memenangkan pertandingan melawan Vietnam nanti. Mereka tidak terlalu memikirkan soal sindiran yang dilontarkan oleh para pemain Vietnam.

  Gol Semata Wayang Egy Bawa Indonesia Menang Lawan Vietnam 1-0
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *