Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Pelatih Vietnam Dipecat, VFF Depak Troussier Usai Ditaklukkan Indonesia

BOLATRENDY.COM – Nasib buruk menimpa Philippe Troussier yang merupakan juru taktik Timnas Vietnam. Tampaknya karir kepelatihannya akan segera berakhir. Setelah gagal meraih kemenangan di kandang, pelatih Vietnam dipecat oleh federasi sepak bola Vietnam, VFF. 

Selasa (26/03/2024) pelatih berkebangsaan Prancis tersebut memimpin The Golden Star untuk melakoni laga kedua melawan Timnas Indonesia. Duel antara keduanya merupakan lanjutan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pada pertandingan tersebut Vietnam tidak mampu membendung keganasan Timnas Indonesia. Mereka harus mengakui kekuatan lawan dengan kekalahan 0-3. Bersamaan dengan kekalahan tersebut, nasib pelatih Troussier juga berada diujung tanduk.

Benar saja, tepat setelah Vietnam menelan kekalahan pahit atas Timnas Garuda membuat dirinya harus merelakan jabatannya sebagai pelatih. Federasi Sepakbola Vietnam, VFF, sudah kehabisan kesabarannya. Pelatih Vietnam dipecat.

Isu mengenai pemecatan pelatih mereka telah muncul sejak berakhirnya gelaran Sea Games 2023 lalu. Para suporter The Golden Star sudah memberikan ultimatum agar Troussier segera didepak dari kursi kepelatihan.

Pelatih Vietnam dipecat 1 - Bola Trendy - Berita Sepak Bola Terbaru Hari Ini

Pelatih Vietnam Dipecat Setelah Kalah Beruntun

Pasca dihujam kekalahan 0-3 di kandang, VFF menggelar pertemuan dadakan dengan Philippe Troussier. Pada pertemuan tersebut keduanya sepakat untuk mendepak sang pelatih.

Dalam laporan dari media Vietnam, Soha VN, mendapatkan kesepakatan untuk mengakhiri kontrak pelatih 69 tahun tersebut. Kontrak dinyatakan berakhir mulai saat itu juga, 26 Maret 2024.

Surat kabar Vietnam, VN Express, juga telah mengkonfirmasi terkait berita pelatih Vietnam dipecat. Pada laporan tersebut pihak federasi VFF mengungkapkan telah menghentikan kontrak Troussier untuk melatih Timnas.

“Kami baru saja melakukan pertemuan. Dari pertemuan tersebut, kami sepakat mengakhiri kontrak dengan Troussier,” kata Duong Nghiep, Sekjen VFF.

Dengan keputusan federasi tersebut seolah telah menjawab desakan dari para suporter yang sudah geram dengan pelatih tersebut. Pasalnya selama berada di bawah kendalinya, Timnas Vietnam gagal berjaya.

  Philippe Troussier Out! Pasca Kalah 0-3 Suporter Ancam Pelatih Dipecat

Banyak pihak yang mengaitkan kiprahnya sebagai pelatih Timnas Vietnam dengan pelatih sebelumnya, Park Han Seo. Pasalnya setelah menggantikan peran Han Seo, Troussier gagal meneruskan prestasinya.

Justru kondisi sepakbola Vietnam semakin terpuruk. Dalam 14 pertandingan, Vietnam versi Philippe Troussier hanya berhasil mengamankan 4 kemenangan dan 10 kali kalah. Buruknya lagi, di semua kompetisi mereka mengalami 7 kekalahan beruntun.

Dengan hasil buruk yang diraih The Golden Star, tak heran jika pihak federasi memutuskan pelatih Vietnam dipecat sebagai kepala kepelatihan Timnas..

Philippe Troussier Ucapkan Permintaan Maaf

Pasca pemecatan dirinya sebagai juru taktik Timnas Vietnam, mantan pelatih Marseille tersebut ucapkan permintaan maaf di hadapan publik. 

Philippe Troussier mengakui bahwa performa Timnas Vietnam di bawah kepemimpinannya belum menunjukkan performa yang baik. Dalam kurun satu tahun terakhir, mereka tidak berhasil tampil maksimal.

Menurut laporan dari Soha, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada karena telah diberikan kesempatan dan dukungan. Selain itu Troussier juga meminta maaf kepada seluruh suporter karena penampilan Timnas Vietnam tidak sesuai dengan ekspektasi publik.

Sementara itu federasi VFF harus menyiapkan kompensasi atas pemecatan yang dilakukan kepada Philippe Troussier. Pasalnya kontrak pelatih berkebangsaan Prancis tersebut masih tertulis hingga 31 Juli 2026.

Dari laporan yang ditulis Soha, federasi perlu menyiapkan kompensasi sebesar 45 miliar VND atau sekitar Rp 28 Miliar. Hal itu karena gaji yang didapatkan Troussier setiap bulannya adalah 60 ribu USD atau sekitar Rp 948 juta.

Setelah pelatih Vietnam dipecat, maka federasi wajib mengcover seluruh sisa gaji dari masa kontrak yang tersisa. Ditambah dengan syarat lain yang tertulis dalam kontraknya.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *