Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Philippe Troussier Out! Pasca Kalah 0-3 Suporter Ancam Pelatih Dipecat

BOLATRENDY.COM – Saat pertandingan leg kedua antara Indonesia vs Vietnam Selasa (26/03/2024) malam tadi, penggemar The Golden Star menarik perhatian publik. Pasalnya selama laga digelar mereka mengibarkan banner bertuliskan Philippe Troussier Out. Ini sempat terlihat di tribun stadion.

Salah satu alasan yang menyebabkan para suporter melakukan hal tersebut adalah rasa kecewa terhadap pelatih asal Prancis. Pasalnya pasca kembali dilatih oleh Troussier, raport Vietnam semakin memburuk. Mereka lebih sering mengalami kekalahan.

Terlebih pada laga kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia tersebut, tuan rumah harus menelan kekalahan pahit. Mereka kalah dari Timnas Indonesia dengan skor yang sangat telak yakni 3-0.

Ekspektasi para suporter saat tim andalannya tampil di kandang adalah membawa kemenangan. Namun mereka harus melihat kenyataan bahwa Vietnam takluk di hadapan publik sendiri.

Hal ini membuat yel – yel Philippe Troussier Out tak bisa dihindarkan. Penggemar mereka menuntut federasi untuk segera mendepak pelatih tersebut.

Rapor Buruk Vietnam di Tangan Troussier

Selama dilatih Troussier, Vietnam mengalami rapor buruk. Hal ini membuat para fans merasa geram. Ini merupakan penurunan yang signifikan, terlebih The Golden Star merupakan salah satu Timnas terbaik di Asia Tenggara.

Kiprah sepak bola Vietnam di tangan pelatih berkebangsaan Prancis tersebut cukup buruk. Bahkan mereka baru saja mengalami kekalahan beruntun sebanyak 3 kali melawan Timnas Indonesia. Tak heran jika penggemar ingin Philippe Troussier out dari kursi kepelatihan.

Track record saat bertemu Indonesia cukup buruk. Pertama Vietnam harus merelakan tiket final SEA Games 2023 kepada Skuad Garuda. Di Piala Asia 2023 mereka juga takluk dengan skor 0-1.

Sekarang di gelaran kualifikasi Piala Dunia 2026 mereka harus menelan kekalahan dua kali. Kekalahan terakhir malam tadi membuat publik Vietnam terpukul. Pasalnya mereka kalah dengan skor telak 0-3. Gol Timnas Indonesia didapatkan oleh Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan Ramadhan Sananta.

  Uzbekistan U23: Fayzullaev, Si Lincah yang Menantang Marselino Ferdinan

Jika diruntut dari semua kompetisi yang dilakoni oleh Vietnam, mereka hanya mampu memenangkan 1 dari 10 pertandingan. Ini merupakan pencapaian buruk yang masih belum diselesaikan oleh pelatih.

Satu kemenangan Vietnam didapatkan saat melawan Filipina dalam kualifikasi Piala Dunia 2026. Mereka menang dengan skor 2-0.

Terlebih saat ini langkah mereka akan semakin sulit untuk melaju ke putaran ketiga kualifikasi. Pasalnya koleksi 4 poin yang didapatkan membuat mereka turun di posisi 3 klasemen grup F. Sedangkan Indonesia memiliki peluang yang lebih besar di posisi 2 dengan perolehan 7 poin. Bukan tak mungkin suporter memberikan ultimatum Philippe Troussier Out.

Ancaman Philippe Troussier Out

Sebenarnya kekecewaan suporter Vietnam dimulai saat Timnas mereka gagal menuju partai puncak Sea Games 2023. Mereka kalah dengan Indonesia di semifinal dengan skor 2-3.

Hal ini membuat pelatih The Golden Star angkat bicara soal ancaman yang ia dapatkan dari suporter. Ia mengatakan suporter ingin mendepak dirinya dari kursi pelatih.

Ancaman tersebut semakin kuat setelah mereka kalah di kandang sendiri saat menjamu Indonesia dengan skor telak. Philippe Troussier dianggap telah mencederai prestasi Vietnam di bawah asuhan Park Hang Seo.

Saat ini posisi Troussier sebagai pelatih mulai terancam. Dengan kegagalannya membawa Vietnam ke  internasional dan buntut yel – yel Philippe Troussier out, ada potensi dirinya dipecat oleh Federasi.

Federasi Sepakbola Vietnam (VFF) kemungkinan akan memecat Troussier dari kursi kepelatihan Timnas Vietnam. Namun mereka juga harus menyiapkan sejumlah kompensasi untuk membayar klausul kontraknya. Pasalnya kontrak tersebut baru berakhir tahun 2026. Tentu VFF harus berani membayar mahal jika ingin mendepaknya dari kursi kepelatihan.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *