Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

PSSI Naturalisasi Pemain Baru, Tambah Amunisi untuk Timnas Indonesia

BOLATRENDY.COM – Seperti yang dapat diamati dengan seksama bahwa Timnas Indonesia tengah berbenah untuk meningkatkan performa permainannya di berbagai kompetisi sepak bola. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan merekrut pemain baru. Baru – baru ini PSSI naturalisasi pemain baru untuk memperkuat amunisi skuad garuda.

Sejak kehadiran para pemain abroad dan naturalisasi keturunan, level permainan Timnas meningkat secara signifikan. 

Hal ini membuat mereka berhasil menjajaki ajang kompetisi bukan hanya di Asia Tenggara, tetapi juga berada di level Asia seperti lolos 16 besar Piala Asia 2023 dan kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dengan alasan itulah tak heran jika federasi sepak bola Indonesia sedang gencar – gencarnya mencari pemain keturunan. Ditambah dalam waktu dekat Indonesia akan kembali berkompetisi di ajang Piala Asia U-23 2024 dan lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baru – baru ini beredar informasi tentang PSSI naturalisasi pemain baru. Dari informasi tersebut lagi – lagi federasi menargetkan pemain keturunan asal Belanda.

2 Pemain Keturunan Belanda Masuk Radar?

Desas – desus PSSI yang tengah mengurus proses naturalisasi masih terdengar hingga hari ini. Namun sayangnya nama pemain keturunan yang dimaksudkan masih belum dipublikasi.

Arya Sinulingga, Anggota Komite Eksekutif, hanya mengungkapkan soal proses naturalisasi yang akan dilakukan kepada dua pemain keturunan.

Anggota Exco tersebut mengatakan bahwa saat ini ada dua tahap yang harus dilalui untuk proses naturalisasi. Pertama, kedua pemain harus datang ke Indonesia terlebih dahulu dan mengajukan pindah kewarganegaraan ke kedubes.

Kedua, kedua pemain keturunan harus melakukan tes kesehatan dan serangkain lainnya. Saat ini pihak PSSI sedang mencari celah agar kedua pemain dapat mengikuti proses naturalisasi.

  Shin Tae-yong ke Belanda, Beri Apresiasi Ivar Jenner Meski Gagal Bawa Jong FC Utrecht Menang

PSSI berharap proses naturalisasi para pemain keturunan dapat berjalan dengan lancar. Arya menuturkan bahwa setelah kedua proses tersebut, para pemain akan menemui beberapa pihak sebelum pengambilan sumpah. Seperti BIN, DPR, Kemensesneg, Kemenpora, dan Presiden.

PSSI Naturalisasi Pemain Baru Calvin 1 - Bola Trendy - Berita Sepak Bola Terbaru Hari Ini

PSSI Naturalisasi Pemain Baru, Calvin Verdonk Salah Satunya?

Beberapa media menyebutkan bahwa PSSI naturalisasi pemain baru salah satunya pemain asal klub NEC Nijmegen yang bernama Calvin Verdonk. Pemain tersebut saat ini bermain di Eredivisie sebagai bek kiri.

Namun Arya Sinulingga tidak ingin memberikan klarifikasi apapun soal rumor Calvin. Dirinya lebih memilih untuk menjelaskan teknis – teknis yang harus dilalui. Meskipun dirumorkan, jika dia belum tiba di Indonesia, maka pihak PSSI tidak akan berbicara apapun.

Sementara itu pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah menunjukkan ketertarikannya dengan Calvin. Dirinya berharap pemain keturunan Belanda tersebut bisa berpartisipasi pada bulan Juni 2024 nanti.

Pelatih berkebangsaan Korea Selatan tersebut juga sempat memperhatikan permainannya saat perjalanan dinas ke Eropa. Menurutnya performa Calvin sangat baik dan jika PSSI naturalisasi pemain baru tersebut, akan sangat membantu skuad Garuda.

“Dia (Calvin Verdonk) sedang berusaha untuk dinaturalisasi. Kalau cepat dia akan selesa bulan Juni. Saya sudah melihat performa permainannya dan sangat baik. Jadi sangat membantu,” kata pelatih Timnas Indonesia.

Apabila proses naturalisasi Calvin berjalan lancar dan cepat, maka bukan tak mungkin dirinya akan diturunkan pada Juni nanti. 


Pada bulan Juni nanti Timnas Indonesia dijadwalkan akan melanjutkan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026. Mereka akan bertanding melawan Irak dan Filipina di Jakarta.

Shin Tae-yong berharap PSSI naturalisasi pemain baru tersebut secepat mungkin agar dapat memperkuat Timnas.

Kehadiran dirinya sebagai bek kiri, maka bisa jadi akan semakin memperkokoh pertahanan skuad Garuda. Calvin juga akan bersaing dengan Shayne Pattynama, Nathan Tjoe-A-On, dan Pratama Arhan untuk mengisi lini pertahanan kiri di skuad utama.

  Media Prancis Soroti Laga Timnas Indonesia U-23 vs Guinea: Fakta dan Faktor Peluang Menuju Olimpiade 2024
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *