Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

TC Timnas Indonesia U-23 Akan Dimulai 1 April 2024, Persiapan Piala Asia 2024

BOLATRENDY.COM – Setelah melakoni beberapa pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026, Shin Tae-yong tidak mendapatkan celah untuk beristirahat. Pasalnya dirinya kembali dipercaya untuk memimpin pemusatan latihan atau TC Timnas Indonesia U-23. Training Camp tersebut ditujukan untuk mempersiapkan di Piala Asia U-23 2024 mendatang.

Tidak jauh berbeda saat melakoni ajang kompetisi bergengsi, dirinya dan para petinggi PSSI akan mengumpulkan sederet nama pemain potensial. 

Pemusatan latihan tersebut rencananya akan digelar di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Adapun jadwalnya dimulai tanggal 1 April 2024 mendatang. Sedangkan untuk gelaran Piala Asia tersebut akan dimulai pada tanggal 15 April 2024 yang dilaksanakan di Qatar.

Nantinya Timnas Indonesia U-23 akan melakoni kualifikasi grup terlebih dahulu. Mereka tergabung ke dalam Grup A yang berisikan negara – negara dengan sepak bola kuat di Asia. Indonesia berada dalam satu grup dengan tuan rumah (Qatar), Australia, dan Yordania.

Dari jadwal yang telah beredar, skuad garuda akan melakoni pertandingan pertama melawan Yordania. Untuk itu pelatih berkebangsaan Korea Selatan tersebut bergegas untuk mencari pemain yang akan menjadi amunisi melalui TC Timnas Indonesia U-23.

TC Timnas Indonesia U23 - Bola Trendy - Berita Sepak Bola Terbaru Hari Ini

Shin Tae-yong Belum Tentukan Pemain

Sebelumnya pelatih dan PSSI telah berkoordinasi untuk memberangkatkan para pemain yang dipanggil ke Dubai. Namun hal ini masih belum dapat dipastikan. Kedua belah pihak masih melakukan koordinasi terkait rencana tersebut.

Pelatih Shin masih menunggu para pemain yang siap untuk mengikuti TC Timnas Indonesia U-23 dalam agenda Piala Asia nanti. Hal itu karena sejumlah klub masih memiliki agenda pertandingan di Liga Indonesia.

Terlebih lagi Piala Asia U-23 bukan merupakan agenda resmi dari federasi FIFA sehingga klub tidak memiliki kewajiban untuk melepas pemainnya. Meski demikian dirinya berharap setiap klub yang pemainnya terpanggil bisa dilepas.

  Sudah Diputuskan! Piala Dunia U17 Akan Berlangsung di Qatar Tahun 2025-2029

“Semoga setiap klub bisa diajak kerja sama untuk merelakan para pemainnya yang terpanggil di skuad Timnas U-23. Ini untuk mempersiapkan Piala Asia U-23 tahun 2024,” kata pelatih Timnas.

Terkait hal itu asisten Shin Tae-yong, Nova Arianto, juga mengungkapkan tim pelatih masih menunggu situasi. Siapa saja pemain yang siap berangkat untuk mengikuti TC Timnas Indonesia U-23 tanggal 1 April.

“Beberapa klub siap merelakan pemainnya setelah laga mereka usai, sekitar tanggal 4 April. Namun kita lihat situasinya nanti. Kita masih menunggu karena pihak PSSI dan klub masih mengkomunikasikan hal tersebut,” kata Nova Arianto.

Namun bukan tak mungkin klub yang pemainnya terpanggil akan berubah pikiran. Masih ada potensi penolakan dari mereka mengingat kompetisi April nanti bukan bagian dari kompetisi FIFA.

27 Pemain Akan Ikuti TC Timnas Indonesia U-23

Setelah menuai hasil yang sangat baik saat membina Timnas Indonesia senior, kini dirinya diberikan misi baru oleh PSSI. Federasi sepak bola Indonesia tersebut menargetkan Timnas Indonesia U-23 bisa masuk minimal ke 8 besar.

Sumardji. Ketua badan Tim Nasional PSSI, memberikan bocoran soal jumlah pemain yang akan dipanggil mengikuti training camp. Dirinya mengatakan bahwa pelatih Shin Tae-yong akan memanggil 27 pemain untuk mengikuti TC.

“Timnas akan berangkat ke Dubai, UEA, untuk training camp pada tanggal 1 April. Ada 27 pemain yang dipanggil,” kata Sumardji.

Selain itu pihaknya juga masih mengkomunikasikan apakah para pemain Timnas yang sedang abroad atau berkarir di luar negeri bisa dibawa. Apakah mereka bisa merapat ke Dubai untuk mengikuti TC Timnas Indonesia U-23 atau hanya saat Piala Asia U-23 berlangsung.

Semua pihak berharap Timnas U-23 di bawah binaan Shin Tae-yong dapat menorehkan hasil yang baik pada gelaran kompetisi 15 April mendatang.

  Timnas Indonesia Lebih Kuat? Begini Kata Pengamat Sepak Bola
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *